Smartphone Android Terbaru Dan Sejarahnya

Posted by

Android adalah sistem operasi berbasis linux yang sekarang banyak digunakan untuk perangkat seluler seperti smartphone maupun tablet. 

Tentunya kita sudah bersahabat dengan yang namanya HH yang menggunakan sistem operasi Android ini karena sudah ada didalam kehidupan kita sehari-hari. Selain itu smartphone yang menggunakan sistem operasi ini menjadi trend di Dunia baik di kalangan Remaja, Dewasa, bahkan anak-anak karena Antarmuka pengguna pada Android didasarkan pada manipulasi langsung, menggunakan masukan sentuh yang serupa dengan tindakan di dunia nyata, misalnya menggesek (swiping), mengetuk (tapping), dan mencubit (pinching), untuk memanipulasi obyek di layar sehingga sangat mudah dalam penggunaanya dan terkesan elegan dan modern. Masukkan pengguna direspon dengan cepat dan juga tersedia antarmuka sentuh layaknya permukaan air, seringkali menggunakan kemampuan getaran perangkat untuk memberikan umpan balik kepada pengguna.

Pada Kesempatan kali ini Putralief-Cyber akan membahas sedikit tentang Versi Android yang sudah di Rilis dari awal sampai sekarang Versi  Android yang terbaru.

Selain itu Android memungkinkan untuk memasang aplikasi dari pihak ketiga yang dapat didownload melalui google playstore maupun penyedia aplikasi lainnya dengan format APK.
Namun Pernahkah kita bertanya kenapa setiap versi android selalu menggunakan nama makanan ? Jika kita perhatikan lebih teliti  android selalu memberi nama makanan setiap rilis versi terbarunya. Uniknya setiap versi yang dirilis ini juga urut berdasarkan alfabet.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar ini :



1. Apple Pie

Apple PieAndroid 1.0 dirilis pada tanggal 23 September 2008 yang memiliki kode nama Apple pie serta ukuran layar 320X480 HVGA. Ini adalah Android versi pertama dan masih mengandalkan konten HTML sehingga android versi ini masih tidak stabil dan banyak memakan data untuk berjalan.
Smartphone yang menerapkan versi ini pertama kali adalah HTC Dream atau orang Amerika mengenalnya dengan nama T-Mobile G1 pada Oktober 2008.




2. Banana Bread
Android 1.1 dirilis pada tanggal 9 Februari 2009 yang memiliki kode nama Banana bread serta ukuran layar 320X215;480 HVA.
Android Versi ini sudah tidak mengandalkan HTML sebagai Core ( Inti ) Utamanya dan juga sudah mulai memakai DVM ( Dalvik Virtual Machine ) yang berjalan diatas JVM ( Java Virtual Machine ) sehingga Versi ini merupakan pijakan awal Bagi Android Yang Stabil.

3. Cup Cake
Android 1.5 dirilis pada tanggal 30 April 2009 yang memiliki kode nama Cupcake.
Terdapat beberapa pembaharuan termasuk juga penambahan beberapa fitur seperti kemampuan merekam dan menonton video, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari smartphone, dukungan Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.
Android Versi ini mengedepankan Kestabilan dibanding Performa, dan sudah terbukti Versi Android Ini Sangatlah Stabil Pada Zamannya Sehingga Android Menjadi Terkenal Dan Mewabah Ke Penjuru Dunia alias Booming.

4. Donut
Android 1.6 dirilis pada tanggal 15 September 2009 yang memiliki kode nama Donut. Versi ini perbaikan dari Android Cupcake dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN.
Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus, kemampuan dial kontak, teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel), pengadaan resolusi VWGA.
Selain itu, Donut adalah versi Android kedua yang sangat disukai oleh pengguna Smartphone di jamannya. Pada versi ini, Android mulai mengadopsi fitur-fitur yang hilang, seperti Youtube, Slideshow Gallery, dll.

5. Eclair (2.0/2.1)
Android versi 2.0/2.1 dirilis pada tanggal 3 Desember 2009 yang memiliki kode nama Eclair. perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1. Android versi ini yang paling modern pada zamannya, Eclair. Android versi ini juga memperkenalkan Video Call, Online Calling, dan Di versi inilah, Android mulai terkenal dan disamakan dengan OS buatan Apple, yaitu iOS.

6. Froyo (2.2)
Android versi 2.2 dirilis pada tanggal 20 Mei 2010 dan memiliki kode nama Froyo. Froyo akan memperkenalkan peningkatan kecepatan dengan JIT optimalisasi dan Chrome V8 mesin JavaScript, dan menambahkan Wi-Fi hotspot dan dukungan Adobe Flash. Selain itu, Froyo merupakan upgrade keras dari Eclair, di versi ini juga Android memperkenalkan support untuk Gyro Sensor, Gravity Sensor, dll. Froyo memiliki banyak loophole dan exploit sehingga versi Android ini sangatlah mudah untuk di root.

7. GingerBread (2.3 – 2.3.8)
Android versi 2.3 dirilis pada tanggal 6 Desember 2010 yang memiliki kode nama Gingerbread. Android Gingerbread adalah android yang mempermudah pengguna antarmuka , meningkatkan keyboard lunak dan fitur copy / paste, dan menambahkan dukungan untuk Near Field Communication. Pada versi ini Android telah melakukan update sebanyak 5 kali yang dirilis pada tanggal yang berbeda-beda serta penambahan difitur-fitur baru dari android versi 2.3 sampai android versi 2.3.8. Gingerbread adalah Android yang  mengandalkan DVM (Dalvik VM)nya yang sudah super canggih, sehingga game menjadi lebih smooth dibanding versi Android sebelumnya sehingga disebut androidnya para Gamers pada saat itu. Selanjutnya versi Android 2.3.6 - 2.3.8, diperkenalkan vSync.

8. HoneyComb (3.0 – 3.3.1)
Android versi 3.0 dirilis pada tanggal 15 Juli 2011 yang memiliki kode nama Honeycomb. HoneyComb merupakan versi Android pertama yang dioptimisasikan untuk tablet, dan tablet pertama yang menggunakan sistem operasi Honeycomb adalah Motorola Xoom. Versi ini biasanya tidak tersedia untuk Smartphone, karena HoneyComb memiliki Superbar yang merupakan gabungan dari “Statusbar + Navigation Bar”. Di versi ini Android mengimprovisasikan Dalvik Vmnya.

9. Ice Cream Sandwich (4.0 – 4.0.4)

Android versi 4.0 dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011 yang memiliki kode nama Ice Cream Sandwich atau yang biasa kita kenal android ICS. Di versi Android menyempurnakan seluruh GUI yang dibangun dan penambahan fitur seperti Facial recognition (Face Unlock), UI use Hardware acceleration, Better voice recognition (dictating/Voice typing), Web browser, allows up to 16 tabs, Updated launcher (customizable), Android Beam app to exchange data through NFC, Resizeable widgets. Android ini adalah versi yang paling terkenal sebelum adanya android versi JellyBean. Versi ini merupakan versi paling diantisipasi oleh para pengguna Smartphone, karena Android mulai menggunakan UI terbarunya, yaitu Holo. Di versi ini juga diperkenalkan vSyncUltra (untuk Tablet) sebagai pelancar untuk game.

10. Jelly Bean (4.1 – 4.3.1)
Selanjutnya Google mengumumkan Android versi terbaru dengan kode nama Jelly Bean. Pada Versi ini Android pertama yang bisa suport aplikasi chatting yang sedang Populer dan menjadi trend di seluruh dunia yaitu Blackberry Messenger atau yang biasa kita singkat dengan BBM. Pada versi JellyBean dibagi menjadi tiga versi buatan penggemar Android yaitu versi OneBean (4.1-4.1.2) yang memiliki vSync dan Project Butter, dan versi SecondaryJelly (4.2 - 4.2.2), yang memiliki kompabilitas ekstra untuk aplikasi-aplikasi yang dibuat untuk versi Android dahulu. Terakhir adalah JellyThree ( 4.3 - 4.3.1 ) yang memiliki vSyncUltra untuk Smartphone, Project Roadrunner sebagai pelancar multitasking, dan Project Butter sebagai pelancar UI.

11. Kit-Kat (4.4)

Sekarang Android memperkenalkan ART Execution Engine pada DVMnya, penggunaan ART pada DVM akan SANGAT membantu pelegaan RAM, sehingga untuk device ber-RAM kecil, penggunaan ART sangatlah dianjurkan. Di versi ini juga, Android memperkenalkan gaya UI baru, yaitu campuran dari Google JFK UI dan Holo UI, menghasilkan UI berwarna abu-abu transparan.

12. Lollypop (4.5)
Banyak sekali fitur baru yang terdapat di Android 5.0 Lollipop. Lollipop adalah update Android paling besar dan ambisius dengan lebih dari 5.000 API baru untuk para developer. Dengan kata lain android versi ini adalah penyempurnaan dari versi-versi sebelumnya dan merupakan versi android yang tercanggih dan terbaru untuk saat ini.






Selanjutnya Jika Android merilis Versi terbaru nya maka 95% akan menggunakan nama makanan ringan dan manis yang berawalan dengan huruf “ M “ . Menurut kalian apakah nama makanan tersebut yaa teman-teman? Silahkan isi di kolom komentar yaa ... Jangan lupa untuk klik tombol suka atau share jika artikel ini bermanfaat. 


Putralief-Cyber Updated at: 2:22 am

14 comments:

  1. thx sob saya masih pake kitkat 4.4.2
    sob blognya udah ane like fanspagenya atas nama Aditya Pratama like back ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, jujur saja kalau kita mengikuti trend tidak akan pernah terkejar karena hampir setiap 2 bulan sekali android ataupun produk teknologi lainnya merilis versi terbaru nya.

      Delete
  2. Replies
    1. Terimakasih gan, terus kunjungi putralief-cyber untuk update info menarik lainnya.

      Delete
  3. Infonya bagus, Blognya Keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan, terus kunjungi untuk update terbaru (Y)

      Delete
  4. baru tau ane sejarah nya bisa sepanjang ini gan. btw nice infoh gan .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan, iya semua tidak ada yang instan , seperti mie instant sebelum dinamakan mie instant juga ada proses yang panjang sebelumnya :D

      Delete
  5. Bermanfaat banget nih artikel.
    nice share gan (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih gan, terus kunjungi blog putralief-cyber untuk artikel menarik dan tutorial lainnya. :)

      Delete
  6. Keren gan, ane baru pakek yang jellybean (Y) mungkin selanjutnya akan dirilis android versi "M" yaitu Martabak ... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih gan :)
      Hahaha, bisa jadi karena Martabak juga makanan ringan nan manis (Y)

      Delete