Manfaat dan Efek Samping Minum Kopi Bagi Wanita

Posted by

Selamat Siang para pembaca, Kali ini saya akan share tentang efek minum kopi terhadap wanita baik yang sedang hamil ataupun ingin hamil. Selain memiliki manfaat, minum kopi tentunya juga punya beberapa efek samping yang berbahaya bagi tubuh, salah satunya adalah membuat wanita sulit hamil.
Tidak bisa dipungkiri bahwa mayoritas masyarakat Indonesia adalah penikmat kopi dan hampir tidak ada yang tidak mengenal kopi. Namun Mayoritas masyarakat Indonesia juga banyak yang tidak mengetahui Efek samping minum kopi terutama bagi wanita. 


Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam British Journal of Farmakologi menyebutkan stimulan kafein yang terkandung dalam kopi bisa merusak transportasi telur dari ovarium ke rahim.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan terlalu banyak mengkonsumsi kopi dapat mempengaruhi kesuburan wanita. Penelitian tersebut melibatkan 9000 perempuan Belanda dan diketahui bahwa minum kopi lebih dari empat cangkir dalam sehari akan memotong kemungkinan kehamilan sekitar seperempat atau 25 persen. Namun, seperti dilansir dailymail hubungan kehamilan dengan kopi masih tetap misteri.

Dalam studi terbaru yang dirilis oleh British Journal of Farmakologi inilah misteri tersebut terjawab, para ilmuwan melakukan percobaan pada tikus dan menunjukkan bahwa kafein akan menghambat kontraksi saluran telur yang diperlukan untuk membawa sel telur ke rahim. Stimulan dapat mengaktifkan sel-sel alat pacu jantung di dinding tabung. Sel-sel yang mengkoordinasikan kontraksi dari tabung yang menggerakkan sel telur ke dalam rahim. Penelitian ini menunjukkan kontraksi memainkan peran besar dalam pengangkutan sel telur.

Pemimpin studi Profesor Sean Ward, dari University of Nevada di Reno, Amerika Serikat, mengatakan: “Temuan ini menjelaskan mengapa minum kafein dapat mengurangi kemungkinan seorang wanita untuk bisa hamil, ini memberikan penjelasan menarik mengapa wanita dengan konsumsi kafein yang tinggi sering memakan waktu lebih lama untuk hamil daripada wanita yang tidak mengkonsumsi kafein. “

Penelitian ini juga dapat membantu dokter mengobati penyakit menular seksual inflamasi dan panggul. Manfaat lain yang bisa ditingkatkan adalah pemahaman tentang kehamilan ektopik, yaitu kehamilan dimana janin tidak melekat di dinding rahim dan berpotensi mengancam jiwa ibu dan anak.


Bahaya Minum Kopi Bagi Wanita Hamil

Sudah menjadi kesepakatan yang tidak tertulis di masyarakat bahwa wanita yang sedang hamil harus menghindari kafein. Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh BMC Medicine disebutkan bahwa konsumsi kafein selama masa kehamilan berisiko membuat kehamilan berkepanjangan dan berat badan bayi sangat rendah saat lahir.


Para peneliti dari BMC menyimpulkan studi tersebut setelah meneliti kurang lebih 60.000 kehamilan dari berbagai wanita selama sekitar 10 tahun. Para peneliti tersebut menyebutkan bahwa berat badan bayi dapat menyusut hingga 28 gram untuk setiap 100 mg kopi yang dikonsumsi sang ibu selama masa kehamilan.

Begitu pula dengan usia kehamilan sang ibu yang akan menjadi lebih lama sekitar 5 jam untuk setiap 100 mg kopi yang diminumnya setiap hari. Berdasarkan data tersebut para peneliti mengingatkan para wanita yang sedang hamil untuk menghindari kopi selama hamil karena membahayakan janin dalam kandungan.

Penelitian lain dilakukan oleh babycentre.com yang melansir bahwa risiko kematian bayi setelah kelahiran menjadi dua kali lipat pada ibu hamil yang mengkonsumsi kopi lebih dari delapan gelas setiap hari. Lebih lanjut dari penelitian itu disebutkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi sebanyak 500 mg kafein setiap hari akan melahirkan bayi dengan detak jantung yang lemah dan pernafasan yang lebih cepat.

Jika saat masih single anda hobi minum kopi setiap hari maka jika anda ingin cepat hamil sebaiknya mulai mengurangi atau berhenti total minum kopi. Kafein dalam kopi bersifat stimulan yang dapat meningkatkan detak jantung, meningkatkan tekanan darah dan pada wanita hamil menyebabkan insomnia, gelisah dan sekresi asam lambung.



Pada umumnya wanita yang minum kopi dalam jumlah banyak juga merokok dan kadang-kadang mengkonsumsi minuman beralkohol. Hal ini menyebabkan multiplier efek pada janin dalam kandungan. Jadi bagi anda para wanita pencinta kopi sebaiknya hindari kopi atau kurangi jumlah asupannya jika ingin cepat hamil.

Sekian dari saya, Baca juga artikel kesehatan lain disini .


Putralief-Cyber Updated at: 2:42 pm

3 comments:

  1. makasih tipsnya gan ^_^

    Siap melayani blog walking, ini dia game baru masih fresh anget2 masih panas, postingannya juga baru dibuat, admin sedang online. yang pingin BW kesini aja. Saling komen, saling kunjung Saling follow, saling tukar link ^_^
    http://free-games14.blogspot.com/2015/02/download-making-history-great-war-codex.html

    ReplyDelete
  2. Ok gan, sama-sama.. siap meluncur...

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete