Cara Menggunakan Google Webmaster Tool

Posted by

Google Webmaster Tool

Bagi yang sudah daftar Webmaster tool Google sekarang saya jelaskan cara menggunakannya . Jika anda belum mendaftar, silahkan baca cara mendaftar Google webmaster tool . Bagi yang sudah langsung saja simak di halaman awal Webmaster Tools Anda pilih blog yang mau dikelola, diklik saja URLnya . Setelah masuk  Anda akan liat halaman Dasboard awal dari Webmaster Tools. Disana ada status pesan Baru dan Penting serta Status Saat Ini, Tidak usah kaget kalau Kueri Penelusuran sama Peta Situs masih kosong karena Anda baru mendaftar .

Lanjut disisi kiri Webmaster Tools Anda akan menemukan banyak tab . Dibalik tab-tab tersebut Anda akan menemukan banyak Tool yang bisa digunakan . Saya akan menjelaskan yang penting-penting saja dan yang akan sering Anda pake biar Tidak terlalu panjang postin Saya, cek it dot .


1. Konfigurasi > Setelan >> Disini Anda bisa merubah Target Geografis tinggal pilih saja negara yang jadi target blog Anda .

2. Kesehatan > Ambil Sebagai Google >> Fungsi tools ini untuk proses pengindekan URL posting lama atau pun baru . Bisa juga digunakan untuk memaksa Google agar cepat mengindex URL posting lama yang baru di update. Caranya tinggal menambahkan URL posting ke kolom yang udah disediakan lalu klik Ambil. Tunggu beberapa detik kalau berhasil tinggal klik Kirimkan ke index.
Setelah itu Anda submit URLnya ke Google melalui alamat ini https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url. .

3. Pengoptimalan > Peta Situs >> Ini alat yang sangat penting agar Googlebot bisa merayapi setiap halaman blog Anda den baik . Cara nambahinnya tinggal klik tombol TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS, lalu ketikan sitemap.xml ke dalam kotak kosongnya dan klik Mengirim Peta Situs . Beres tinggal ditunggu saja hasilnya, untuk berapa lama sitemap ini terindex terhitung dari kondisi kesehatan blog dan aktivitas update postin di blog .

4. Pengoptimalan > Hapus URL >> Tools  bisa digunakan untuk menghapus URL posting kita dari pencarian Google . Tinggal masukan saja URL posting yang mau dihapus dari pencarian Google. Sebelum menghapus URL Anda harus baca aturannya dulu di https://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=59819..


Itulah tools penting yang akan sering kalian gunakan di Google Webmaster Tools . Masih ada juga beberapa tools penting yang fungsinya untuk menalisa blog Anda. Saya akan menjelaskan beberapa saja sebagai berikut ini .


1. Kesehatan > Kesalahan Perayapan >> Disini Anda akan menemukan URL-URL di blog Anda yang rusak atau tidak ditemukan . Kalau Google menemukan kesalahan perayapan, Anda tinggal centang URL nya lalu klik TANDAI SEBAGAI TELAH DIPERBAIKI . Agar kedepanya Google Tidak mengindex lagi URL yang rusak tersebut.

2. Lalu Lintas > Kueri Penelusuran >> Disini akan ditampilkan grafik lengkap penelusuran blog Anda di Google . Jadi Anda akan mengetahui berapa jumlah kueri, penayang dan klik blog Anda. Juga Anda bisa menalisa kata kunci apa saja yang paling banyak dicari sama posisi rata-rata di pencarian .

3. Lalu Lintas > Tautan ke Situs >> Disini Anda bisa mengetahui berapa jumlah backlink blog Anda yang dihitung sama Google . Dan juga Anda akan mengetahui dari mana saja asal backlink tersebut. Kalau Saya Tidak salah Google ngupdate data backlink ini setiap hari Selasa .



Saya rasa itu saja yang perlu diperhatikan dalam menggunakan Webmaster Tools untuk pemula . Untuk fitur-fitur yang lainnya silahkan anda coba sendiri dan Saya yakin seiring waktu Anda akan lebih mengerti . Semoga posting tentang cara menggunakan Webmaster Tools untuk pemula ini bermanfaat.
Jika artikel ini bermanfaat silahkan klik Share untuk membagikan ilmu kepada teman-teman.


Putralief-Cyber Updated at: 2:53 pm

8 comments:

  1. Blog sudah saya follow atas nama SimBalisme nomor 20 follback blog saya n kunjungan balik ya sob

    ReplyDelete
  2. Terimakasih gan, siap meluncur :)

    ReplyDelete
  3. bermanfaat skali artikelnya untuk blog saya, jangan lupa main ke tamansehatku yah :)

    ReplyDelete
  4. makasih banyak buat infonya gan,, ijin share yaa

    http://toko661.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama gan, Mohon maaf jika link aktif di komentar saya matikan karena nanti dianggap spam, Tidak baik untuk kedua belah pihak gan dan sangat berbahaya.

      Delete