Contoh Kasus Cybercrime dan Cara Penyelesaiannya

Posted by

Pada kesempatan ini Putralief-cyber berbagi 3 contoh kasus Cybercrime yang terjadi di Indonesia dan Pasal yang menjerat pelaku. Langsung saja simak di bawah ini.
Kasus Cyber Crime
Kasus CyberCrime
KASUS 1 Carding
Carding ialah kegiatan mencuri nomor kartu kredit milik orang lain dan digunakan dalam transaksi perdagangan di internet. Kasus nyata dari Carding ini ialah kasus yang dulu terjadi di Bandung Tahun 2003. Aksi ini beroperasi dari warnet-warnet yang tersebar di sana. Nomor kartu kredit yang mereke pergunakan untuk bertransaksi tersebut diperoleh dari beberapa situs.
Penyelesaiannya :
Pasal 378 KUHP tentang penipuan, Pasal 363 tentang Pencurian dan Pasal 263 tentang Pemalsuan Identitas.

KASUS 2 Pembobolan Bank
Contoh  cybercrime selanjutnya ialah pembobolan bank yang pernah dilakukan seorang pelajar di salah satu bank swasta. Pembobolan ini dilakukan melalui internet. Mereka bisa mengotak atik data di bank itu dengan leluasa. Dan diperkirakan mereka mengacak data dari  beberapa nasabah.  Kegiatan mereka berhasil sehingga mereka bisa mendapatkan uang sebanyak Rp. 372.100.000,00.
Penyelesaiannya :

Orang tersebut diancam dengan pasal 362 KUHP atau Pasal 378 KUHP

KASUS 3Data Theft  (Pencurian data)
Contoh kasus yang pernah terjadi adalah pencurian dokumen kerja sama indonesia dan korea selatan. Mereka mencuri data/ dokumen mengenai kerjasama pembuatan pesawat terbang.  Modus dari kejahatan mereka adalah mencuri data.  Kegiatan mereka untuk memperoleh data komputer tersebut dilakukan dengan tidak sah. Indentity Theft merupakan salah satu jenis kejahatan ini yang sering diikuti dengan kejahatan penipuan. Kejahatan ini juga sering diikuti dengan kejahatan data leakage. Perbuatan melakukan pencurian data sampai saat ini tidak diatur secara khusus akan tetapi bisa kita beri pasal 378 KUHP karena kegiatan mereka adalah kegiatan pencurian.


Jika artikel ini bermanfaat silahkan klik share dan jangan lupa lihat artikel lainnya.


Putralief-Cyber Updated at: 7:46 am

1 comments:

  1. Salam kenal Saya Syafitri TKI DI MALAYSIA
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya inilah kenyataannya...
    Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang (Arab Saudi) karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 257 juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
    KI BARONG di Nomor telfon 0852 8895 8775 di jamin bantuan beliau 100% …
    Atau,>>KLIK DISINI UNTUK INFO BANTUAN KI BARONG<<
    BANTUAN DARI KI BARONG
    1.PESUGIHAN
    2.TOGEL
    3. DANAH GHAIB
    4.PENGGANDAAN UANG
    5.UANG BALIK
    6.PEMIKAT
    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
    8.PERLANJAR DALAM BERBAGAI HAL
    Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi….

    ReplyDelete